Liburan Murah di Taman Margasatwa Ragunan

” Ibu, lihat itu Gajah”

Bang Ale, happy banget saat memasuki wilayah kandang Gajah di Taman Margasatwa Ragunan. 

Walaupun cuaca panas terik karena kami datang di siang hari. Nampaknya semangat Abang tinggi banget untuk bisa melihat langsung aneka satwa di Ragunan.

Liburan bersama keluarga, tak perlu harus merogoh kocek dalam kok. Salah satu tempat yang bisa dikunjungi bersama adalah Taman Margasatwa Ragunan.

Tempat ini menjadi favorit karena harga tiketnya yang sangat terjangkau dan koleksi aneka hewannya yang lengkap.

Taman margasatwa yang terletak di Jakarta Timur ini memang tak banyak berubah, tak ada pembaruan sama sekali secara tata letak, bahkan merk Ice Cream yang dijual pun masih sama dengan saat saya kecil yaitu Campina! 🙂

Hal yang mungkin berbeda adalah koleksi hewannya yang kian beragam dan kebersihannya yang kini layak diacungi jempol.

Ibu rasa, semua orang dewasa pun pasti pernah punya kenangan masa kecil yang menyenangkan di Ragunan.

Jadi, Ibu pikir tak ada salahnya juga menorehkan kenangan yang sama di hati Bang Ale. Kebetulan waktu yang Ibu, Ayah dan Ale lewatkan tak lama hanya beberapa jam.

Besoknya kami harus bertolak ke Bandung untuk liburan keluarga lainnya.

Maunya sih menghemat tenaga, agar tak terlalu lelah dalam perjalanan dari Jakarta ke Bandung. Beberapa jam di Ragunan tak masalah, yang masalah hanya dengkul Ibu yang tak bisa diajak kompromi.

Kebun Binatang Ragunan luassss banget, Ibu lupa bawa stroller. Ayah jadi capek deh gendong Bang Ale yang kecapean jalan kaki. Jadi jangan lupa bawa Stroller saat ke Ragunan ya Mom.

Ternyata selain melihat hewan secara langsung, kita sebagai orang tua juga bisa loh mengajarkan beberapa hal pada anak selama jalan-jalan di Kebun Binatang.

Apa yang Kita Ajarkan Pada Anak?

1. Jangan Memberi Makan Hewan.

Jaman Ibu kecil dulu, penjual wortel sampai kacang penuh banget di depan pintu masuk Ragunan.

Sekarang sih, udah ngak ada lagi. Kalau pun ada jumlahnya sedikit. Mungkin kini sudah ada imbauan dari pihak kebun binatang untuk tidak memberikan makanan pada hewan.

Salah-salah kasih makan, hewan akan terkena penyakit pencernaan.

Nah, jadi Ibu kasih tahu Ale kalau Jerapah makannya daun dari pohon tinggi yang bisa mereka jangkau dengan lehernya sendiri.

Jangan dikasih makan kacang atau yang lainnya. Sudah ada petugas kebun binatang yang paham apa sih makanan yang baik untuk hewan di sana.

2. Buanglah Sampah Pada Tempatnya.

Ragunan punya banyak lahan terbuka yang nyaman banget, buat jadi lahan membuang sampah sembarangan.

Walaupun tong sampahnya banyak, tetap saja masih banyak yang buang sampah sembarangan. Kesempatan bagus banget kan, untuk memperkenalkan kebiasaan baik membuang sampah pada tempatnya.

Dari sekian banyak hewan koleksi Taman Margasatwa Ragunan, Abang paling happy melihat Monyet! Abang malah maksa minta foto di depan kandang monyet 🙂

Seneng deh mengajak Abang ke Kebun binatang, kapan-kapan jalan lagi ah!

Liebe,

Ibu

Daily Instagram Feeds  CeritaBangAle

Advertisements

9 thoughts on “Liburan Murah di Taman Margasatwa Ragunan

  1. Kesini kayaknya harus hari biasa ya mba, kalau pas wiken ku takut kayak cendol hahahah, jadi ngga nyaman 😀
    Udah beberapa kali pengen kesini, tapi ngga jadi mulu karena belum ada waktu yg tepat..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s